Our Blog

Tari Beskalan, Tari Ikonik Malang


Tari Beskalan merupakan suatu tarian gaya putri yang dipertunjukan pada acara kedua sesudah tarian pembuka pada suatu pementasan. Dasar tari terdiri dari rangkaian ragam-ragam yang disebut “Solah”, disusun dengan penghubung-penghubung gerak tertentu yang disebut “Sendi”, gerakan tarinya bersifat non representatif.
Penarinya empat orang, akan tetapi seperti pada setiap seni pertunjukkan rakyat lainnya yang disiplinnya sangat longgar, maka penarinya dapat juga dua orang, bahkan seorang saja. Beskalan tersebut yang didaerah Situbondo lebih dikenal dengan istilah Srimpi atau Bedayan. Gending yang dipakai untuk mengiringi tarian ini adalah salah satu gending : Beskalan, Ayak-ayak, Meram-merem.
Di daerah Malang, Surabaya, Mojokerto, penari-penarinya memakai konde, kadang-kadang dadanya tertutup mekak, adapula yang tertutup kain “angkin”, adapula yang sering berkebaya biasa. Kain batik adakalanya diganti dengan “rapek” dan penarinya mengenakan kaos kaki serta genta-genta kecil melilit di pergelangan kaki kanan, berfungsi sebagai pengatur irama. Sampur digerakkan di pundak, umumnya sangat suka dengan warna-warna meriah dan mencolok.
Dahulu, Tari Beskalan dilakukan oleh penari laki-laki yang terdiri dari anak-anak muda, sekarang tari beskalan dilakukan oleh wanita. Pada saat ini, Tari Beskalan dapat dilakukan oleh siapapun, baik oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tari Beskalan hampir sama dengan tari Ngremo, dari segi kostum maupun gerakannya hampir sama, banyak yang bilang bahwa Tari Beskalan adalah tari Ngremo putri karena yang membedakan adalah tata riasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sinaumalang | JB-ITC 2014 Designed by StavochemaTeamOne | | Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.